Friday, August 15, 2014

Uang NKRI Dinantikan Warga Jelang HUT RI ke 69

Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang bersejarah bagi bangsa Indonesia.Untuk itu hari kelahiran bangsa indonesia tersebut sangat di nantikan oleh warga negara Indonesia. Selain warga akan memperingati dengan berbagai acara lomba tujuh belasan, warga juga antusias menunggu dikeluarkannya  uang baru NKRI. Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Kabar bahwa bertepatan dengan hari ulang tahun RI ke 69, Bank Indonesia akan mengeluarkan uang NKRI, namun designnya bukan seperti 3 gambar uang yang telah beredar di internet. Menurut Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs gambar uang yang beredar di internet adalah salah."Itu salah (bukan uang NKRI). Itu uang contoh waktu itu ada slide presentasi konsultasi publik tentang redenominasi".

Pieter Yakobs menjelaskan bahwa uang NKRI baru tidak mengalami pemotongan angka nol seperti yang terlihat pada gambar yang beredar. Memang dari gambar yang beredar, terlihat jika ada pemotongan angka nol yang disebut dengan redenominasi. Mata uang NKRI ini akan memiliki nilai yang sama seperti sebelumnya. Saat ini uang yang beredar terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000.

Sedangkan  tujuan peredaran uang NKRI ini adalah untuk menggantikan uang rupiah yang telah beredar dan kondisinya sudah tak layak menjadi alat tukar lagi seperti lusuh atau robek. Dan penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang. Jika menurut undang - undang uang NKRI nantinya akan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia.

Ada beberapa perbedaan uang NKRI dengan rupiah yang lama. Meski secara menyeluruh uang NKRI ini tidak ada perbedaan secara signifikan dengan uang yang sekarang telah beredar.

Adapun perbedaannya antara lain sebagai berikut :
1. Tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.  Uang NKRI akan ditandatangani Gubernur BI dan Menteri Keuangan. Sementara uang yang sekarang ditandatangani Gubernur dan Deputi Gubernur BI.
3. Ada security picture dan tinta yang berbeda untuk menghindarkan dan menyulitkan pemalsuan.

Dan sesuai undang - undang ciri-ciri mata uang rupiah secara umum yang masih dapat ditemui pada uang NKRI:
   1.Gambar lambang negara, Garuda Pancasila
   2.Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya
   3.Nomor seri pecahan
   4.Terdapat tulisan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia   Mengeluarkan Rupiah Sebagai Alat Pembayaran yang Sah Dengan Nilai....
   5.Tahun emisi dan tahun cetak.







TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Judul Artikel : Uang NKRI Dinantikan Warga Jelang HUT RI ke 69 .Ditulis oleh : Unknown. Artikel ini dimuat pada www.cibarusah.com, jika ingin mengutip, maka harus memberikan sumber link balik pada artikel "Uang NKRI Dinantikan Warga Jelang HUT RI ke 69" ini. Jika tidak maka akan diproses secara DMCA Take down yang tentu saja buruk akibatnya bagi blog Anda. Terima kasih atas perhatiannya
Judul: Uang NKRI Dinantikan Warga Jelang HUT RI ke 69; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts

Posted by: Jeng Yanti CIBARUSAH.COM Updated at: 10:07 PM

0 komentar:

Post a Comment