Wednesday, December 25, 2013

Kenali Gejala Angin Duduk Untuk Pencegahan

Terdengarnya berita meninggalnya seorang warga di Perumahan Taman Persada C3 / 17 RT 01/09 Bp. Endang H.tadi malam (25/12) akibat terserang angin duduk maka cibarusah.com  mencari tahu tentang apa itu angin duduk dan bagaimana mengatasinya. Tujuannya semakin banyak mengetahui istilah, gejala, penyebab, cara mengobati dan cara mencegahnya.

Berdasarkan artikel di http://berbagiinfo4u.blogspot.com telah di tulis panjang lebar mengenahi apa itu angin duduk dan cara mengatasinya. Sedikit tentang cuplikan artikel itu ada di bawah ini.

Apa itu Angin Duduk?
Istilah angin duduk digunakan untuk penggambaran gejala nyeri dada seperti rasa ditekan, keringat dingin, perut kembung, ulu hati terasa seperti ditusuk-tusuk sehingga menimbulkan rasa mual, dan dianggap lebih parah dari masuk angin pada umumnya.

Sedangkan di dalam dunia kedokteran, istilah angin duduk adalah suatu penyakit yang mengarah kepada penyakit jantung disebut juga Sindroma Koroner Akut (SKA). SKA adalah salah satu manifestasi klinis dari Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang utama dan paling sering mengakibatkan kematian.

Bagai mana Gejalanya?
Gejala angin duduk ini pada awalnya berupa nyeri dada yang disebut juga dengan Angina Pectoris, yaitu suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada. Kasus angin duduk sejauh ini penderitanya lebih banyak orang orang dewasa, terutama pria yang jauh dari gaya hidup sehat dan tidak menjalankan pola hidup sehat. Biasanya Angina terjadi saat istirahat dan terus menerus, biasanya lebih dari 15 menit. Angina mengalami peningkatan dengan semakin lama waktu nyerinya atau lebih mudah tercetus.

Menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof. DR. dr. Teguh Santoso, SpPD gejala angin duduk  rasa nyeri bervariasi antara lain dada seperti ditekan, diremas remas yang rasanya menjalar ke leher dan lengan, atau merasa terbakar dengan sesak nafas dan keringat dingin. Lebih spesifik lagi ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti maag.


Apa Penyebab Angin Duduk ?
Penyebab angin duduk / angina yang utama sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung ( vasokonstriksi ). Penyempitan tersebut menyebabkan sebagian jantung tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga pasokan darah ke jantung pun tidak seimbang. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan kerusakan pada otot jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Bagai mana Menolong Penderita Angin Duduk ?
Prof. Teguh mengatakan satu satunya cara mengatasi angin duduk / angina yang dapat dilakukan adalah dengan melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan cara memberikan Obat Antiplatelet (sel pembeku darah) dan Antikoagulan. Atau mengantisipasi ketidakseimbangan suplai oksigen dan kebutuhan oksigen ke Jantung dengan nitat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Bagaimana Mengobati Angin duduk ?

Pada pengobatan secara umumnya yang di lakukan oleh orang awam adalah dengan minum larutan tolak angin, menggosokkan balsam / minyak kayu putih atau melakukan kerokan dibagian tubuh yang terasa sakit. Tetapi bisa saja 30 menit kemudian sang penderita meninggal dunia.

Menurut Dokter Femmy Nurul Akbar, SpPD salah seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Pondok Indah Jakarta Selatan adalah para pasien tidak cepat memeriksakan diri meski sudah mengalami gejala angin duduk / angina tadi. Jadi jika anda tiba tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk melakukan hubungan suami istri. Secepatnya pergilah ke rumah sakit untuk ditangani oleh ahli jantung atau dokter bagian Kardiovaskular.

Menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof. DR. dr. Teguh Santoso, SpPD, menyarankan agar pasien segera mendapatkan pertolongan tidak lewat dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama.

Untuk mengobati angin duduk / angina, Dokter Femmy menegaskan, "Obat Antiplatelet yang paling murah dan gampang ya Aspirin. Selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri, obat ini juga untuk melonggarkan  kembali pembuluh darah yang tersumbat. Kalau berdasarkan hasil diagnosa dokter Anda menderita ganggguan Jantung, sebaiknya membawa tablet Antiplatelet kemana pun anda pergi, sebagai pertolongan awal sebelum kerumah sakit. Berikutnya, ikuti semua saran dokter dalam hal pengobatan medis dan pola hidup sehat. Kesembuhan Anda, tergantung pada kepatuhan Anda pada dokter yang menangani." Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Sumber Referensi Artikel : Ghibo.com - Majalah Housekeeping Indonesia edisi Maret 2011
http://berbagiinfo4u.blogspot.com/2013/01/apa-itu-angin-duduk.html
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Judul Artikel : Kenali Gejala Angin Duduk Untuk Pencegahan .Ditulis oleh : Unknown. Artikel ini dimuat pada www.cibarusah.com, jika ingin mengutip, maka harus memberikan sumber link balik pada artikel "Kenali Gejala Angin Duduk Untuk Pencegahan" ini. Jika tidak maka akan diproses secara DMCA Take down yang tentu saja buruk akibatnya bagi blog Anda. Terima kasih atas perhatiannya
Judul: Kenali Gejala Angin Duduk Untuk Pencegahan; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts

Posted by: Jeng Yanti CIBARUSAH.COM Updated at: 5:26 PM

0 komentar:

Post a Comment