Sunday, November 10, 2013

RS Hosana Medica Cikarang Baru di Demo Warga

Cikarang-Minggu pagi (10/11) warga Perumahan Cikarang Baru berdemo memprotes berdirinya Rumah Sakit Hosana Medica Cikarang Baru yang berlokasi di lingkungan mereka. Pasalnya warga mengkalim bahwa pendirian rumah sakit Hosana Medika Cikarang Baru cacat hukum dan tidak mendapatkan izin warga yang real di sekitarnya. Namun perizinan jalan terus dan sampai ke tingkat atas walaupun warga di sekitarnya menolak untuk di bangun dengan tidak tanda tangan. sampai - sampai Ketua RW nya juga tidak tanda tangan.

Demonstrasi yang beranggotakan ratusan orang dan berasal dari warga Perumahan Cikarang Baru berjalan aman dan tertib. Warga membawa spanduk dan berorasi di depan rumah sakit yang berlokasi di belakang Bank BNI Cikarang Baru serta berdampingan dengan Restaurant Resto Air /Lexis.


Ada beberapa alasan mengapa warga Cikarang Baru mendemo Rumah Sakit Hosana Medica Cikarang yang menempati Ex bangunan BNI Cikarang Baru dan baru di resmikan 3 bulan yang lalu. Berikut ini alasannya :

1.Rumah sakit berdiri tidak mendapatkan izin dari warga sekitar yang real namun pembangunan dan perizinan jalan terus.

2.Rumah Sakit Hosana Medica Cikarang Baru tidak memiliki area Parkir yang memadai dan akan berakibat pada mengganggu lalu lintas warga.Karena pintu masuk parkir melalui jalan anggrek yang merupakan pintu masuk perumahan.

3.Rumah sakit memiliki limbah B3 atau limbah berbahaya namun lokasinya di pemukiman warga. UPL dan UKL nya tidak di keluarkan oleh BPLH.Karena perizinannya di urus setelah rumah sakit di bangun.

4.Rumah sakit memiliki kamar mayat yang lokasinya dekat dengan sekolahan yang akan berdampak pada psikologis anak-anak.

5.Penyalahgunaan fungsi rumah menjadi Rumah sakit karena warga membeli rumah sebagai tempat istirahat. fungsi lahan pada master plan di Jababeka Insfrastruktur masih berstatus sebagai pemukiman.

6.Izin warga yang di peroleh bukan berasal dari warga tetap /real (bukan pemilik /pengontrak) dan warga sekitar yang berdekatan. Warga dan ketua RW nya  tidak memberikan tanda tangan perizinan.

7.Izin UKL UPL dilakukan setelah rumah sakit berdiri.












Warga menuntut agar RS Hosana Medica Cikarang Baru di relokasi ke tempat lain. Warga tidak menolak berdirinya rumah sakit namun lokasinya yang tidak tepat. Ketua RT01 / 11 yang baru  Bp Hari Prasetyo mengatakan bahwa warga menolak sejak bulan Mei  2012 tentang rencana didirikannya RS Hosana Medica di lingkungan warga Cikarang Baru. "Kita sudah menolak atau tidak setuju sebelum pembangunan,setelah itu pembangunan jalan terus.Kemudian bulan juli 2012 kita membuat "petisi warga"yang isinya penolakan warga. Kita tujukan ke rumah sakit, namun tidak ada respon dari pihak rumah sakit " ujar Hari Prasetyo.

Terkait dengan tempat parkir Hari Prasetyo juga menjelaskan bahwa pemilik rumah sakit "Pihak rumah sakit akan membuat parkir di jebol lewat sini yaitu lexis. Tapi tak mungkin karena sini ada gedung movieland. Dan waktu RTnya Pak P Guntara parkirnya akan di bawah atau basement. Tapi aktualnya di bawah di sekat-sekat. Terakhir katanya akan parkir di depan ruko.

Hari Prasetyo juga menegaskan bahwa salah jika ada persepsi sudah berdiri,  baru di demo." Itu salah jika ada anggapan sudah berdiri baru di demo, bukan . Justru kita sudah menolak dan persuasif , tapi pihak rumah sakit melaksanakan terus".

Terkait persoalan perizinan Hari Prasetyo juga menjelaskan bahwa pihaknya setelah ke rumah sakit tidak di respon akhirnya ke Bupati Bekasi. " kami pertama ke pihak rumah sakit, namun tidak di respon. kemudian kita ke Bupati, Bu Neneng. Surat penolakan warga itu  CC nya ke Rumah Sakit, ke kepala dinas kepala dinas. Pertama ke kepala dinas Kesehatan, kedua ke Dewan DPRD,terus ke BPLH." Hari Prasetyo juga menjelaskan bahwa BPLH tidak mengeluarkan izin."BPLH tidak mengeluarkan karena  mereka mengurus setelah berdiri. Padahal BPLH untuk UPL UKL itu di urus harus sebelum rumah sakit di bangun".

Saat di singgung masalah perizinan Hary Prasetyo mengatakan " izin - izinnya tidak beres, karena dari pihak warga sekitar tidak ada tanda tangan. Dari pihak warga yang real ya? Tidak ada tanda tangan, dari Pak RW nya juga nggak tanda tangan, tapi bisa lewat terus ke atas izin izinnya.

Hari Prasetyo juga mengatakan bahwa demo warga akan terus sampai rumah sakit relokasi." Demo ini akan terus , kita sampai ini relokasi. Dan rumah sakit harus pindah. Harus..pindah! Karena kisi -kisinya tidak sesuai dengan prosedur. Jadi kita menolak untuk rumah saki di pemukiman warga".

Hari Prasetyo juga menambahkan bahwa Pihaknya telah menanyakan kepada Jababeka infrastruktur."kita tanyakan .. ini untuk apa? Jababeka jawabannya ini masih site plan nya  masih untuk perumahan. Jadi belum berubah menjadi rumah sakit".

Selain mendemo RS.Hosana Medica Cikarang Baru warga Mekar Indah juga mendemo pihak Jababeka Infrastruktur terkait pengalihan fungsi  jalur hijau menjadi bangunan Ruko di depan perumahan Mekar Indah Cikarang Baru." Kami menolak penebangan pohon-pohon untuk di gantikan fungsinya menjadi bangunan ruko di depan Mekar indah. karena pohon sebagai penghijauan dan area tersebut sebagai area RTH atau Ruang Terbuka Hijau" kata salah seorang warga peserta demo.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Judul Artikel : RS Hosana Medica Cikarang Baru di Demo Warga .Ditulis oleh : Unknown. Artikel ini dimuat pada www.cibarusah.com, jika ingin mengutip, maka harus memberikan sumber link balik pada artikel "RS Hosana Medica Cikarang Baru di Demo Warga" ini. Jika tidak maka akan diproses secara DMCA Take down yang tentu saja buruk akibatnya bagi blog Anda. Terima kasih atas perhatiannya
Judul: RS Hosana Medica Cikarang Baru di Demo Warga; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts

Posted by: Jeng Yanti CIBARUSAH.COM Updated at: 7:03 PM

0 komentar:

Post a Comment