Saturday, May 25, 2013

Apa Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Begitu di sebut  nama Jengkol terkandang orang langsung sinis alias menunjukkan gelagat tidak suka. Jengkol di benci sebagian orang karena baunya yang tidak sedap. Bahkan Jengkol di gunakan untuk bahan olok-olokan atau hal yang kurang baik, misalnya  "juragan jengkol", tukang jengkol, si Jengkol dan lain sebagainya.

Di Jawa Barat , oleh sebagian orang Jengkol merupakan makanan yang di rindukan orang karena rasanya yang unik. Bagi orang yang suka Jengkol, masakan Jengkol ada yang bilang " masakan dari kayangan". Jengkol jika di masak dengan cara yang benar tidak akan menimbulkan bau setelah memakannya. Cara masak jengkol, biasanya dengan di rendang. Jika di makan mentah untuk lalapan , tentunya akan menimbulkan bau di mulut yang luar biasa.

Apakah anda tahu manfaat Jengkol bagi kesehatan? Walaupun baunya menyengat, di balik itu ada sejumlah manfaat. Jengkol mengandung berbagai macam zat yang di butuhkan tubuh misalnya karbohidrat, vitamin, protein,zat besi, kalsium, dan fosfor.

Jengkol dengan jumlah 100 gram mengandung protein sebesar 23.3 gram. Jumlah ini termasuk tinggi jika di bandingkan kandungan protein nabati yang di kandung oleh kedelai dan kacang hijau.Protein dalam tubuh kita di butuhkan untuk mengganti sel- sel tubuh yang rusak, membentulkjaringan sel-sel baru, berperan dalam sytem hormon dalam tubuh dan membentuk kecerdasan dan lain sebagainya.

Selain mengandung protein Jengkol juga mengandung Zat Besi. Dari 100 gram jengkol akan menghasilkan zat besi sebesar 4.7 gram. Mungkin kita semua tahu bahwa zat besi dalam tubuh kita di perlukan untuk pembentukan hemoglobin atau sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbon dioksida dalam darah.Jadi zat besi sangat penting bagi tubuh kita yang berperan untuk pernapasan sel. Jika kita kekurangan zat besi maka kita akan pucat ,lesu, pucat dan lemas.

Tidak hanya protein dan zat besi yang terkandung di buah jengkol.  Dari 100 gram jengkol juka terkandung sebesar 140 mg kalsium. Tentunya anda juga tahu bahwa kalsium juga di perlukan tubuh kita. Fungsi kalsium dalam tubuh untuk menjaga tulang dari keroposan. Sangat baik di konsumsi bagi orang yang hamil atau membutuhkan kalsium dalam porsi yang banyak.

Apa lagi yang di kandung oleh Jengkol? Jawabannya adalah fosfor. Jengkol mengandung fosfor 166.7 mg dari 100gram buah jengkol. Fosfor dalam tubuh kita di perlukan untuk menjaga kesehatan gigi (berlubang) dan tulang keropos.

Tak ketinggalan , vitamin juga terkandung di dalam buah jengkol. Vitamin yang terkandung sebesar 658mg dari 100 gram buah jengkol. Vitamin tersebut adalah vitamin A, B1,B2 dan C. Vitamin A dalam tubuh di gunakan untuk kesehatan mata. Vitamin B2 membantu dalam penyerapan protein dan B1 untuk menjaga kepekaan syaraf. Sedangkan vitamin C untuk menhasilkan oksidan yang akan melawan radikal bebas dan menangkal virus dan bakteri. Selain itu vitamin C berperan untuk membantu penyerapan zat besi.

Nah itulah manfaat buah jengkol. Ternyata memiliki se gudang manfaat walaupun baunya tak sedap. Memang apa pun yang di ciptakan Allah SWT di dunia ini semua pasti ada manfaatnya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Judul Artikel : Apa Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan .Ditulis oleh : cibarusah. Artikel ini dimuat pada www.cibarusah.com, jika ingin mengutip, maka harus memberikan sumber link balik pada artikel "Apa Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan" ini. Jika tidak maka akan diproses secara DMCA Take down yang tentu saja buruk akibatnya bagi blog Anda. Terima kasih atas perhatiannya
Judul: Apa Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan; Ditulis oleh cibarusah; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts

Posted by: Jeng Yanti CIBARUSAH.COM Updated at: 6:51 AM

2 komentar:

obat tradisional keputihan said...

terimakasih banyak atas info dari manfaat jengkolnya,malam

juned said...

wah ternyata si bau yang satu ini kaya akan manfaat ya .. mksih sob udah bagibagi informasinya ..

Post a Comment

http://www.inginjual.com/p/blog-page_14.html