Sunday, December 9, 2012

Masjid Al Mujahidin Kampung Babakan Cibarusah

Masjid, masjid Al Mujahidin, masjid Cibarusah, masjid kampung babakan, masjid KBC, masjid tua, masjid belanda, Masjid bersejarah,Hizbullah, laskar Hizbullah, Laskar Cibarusah,Munawar Fuad Noeh
Cibarusah memang termasuk kota tua, ini di buktikan dengan adanya masjid Al Mujahidin yang berada di kampung Babakan Desa Cibarusah Kota. Masjid Al Mujahidin ini biasa di sebut Masjid KBC atau Masjid Kampung Babakan Cibarusah. Masjid Al Mujahidin ini di didirikan pada jaman kolonial Belanda. Yaitu pada bulan Juni tahun 1937.

Di pintu utama masjid Al Mujahidin  di bagian atas tertuliskan seperti gambar di atas. Tulisan kaligrafi Arab tersebut jika di terjemahkan dengan bahasa Indonesia kurang lebih seperti beikut ini:"Masjid Al Mujahidin Babakan Kota Cibarusah , Juni 1937 ,Robiul Awal 1358" Kemudian ada juga logo Laskar Hizbullah. Ada sebuah prasasti terbuat dari marmer yang menempel pada salah satu dinding dari ke enam tiang yang ada bertuliskan bahasa Belanda "HERBOUWD 1935 / 1935 COMITE MASDJID".

Ada juga sebuah piagam yang menempel di dinding masjid berasal dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Bekasi yang menyatakan bahwa Masjid Al Mujahidin Kampung Babakan Cibarusah di bangun pada tahun 1930. Piagam tersebut di keluarkan pada tanggal 19 Syafar 1404H atau 1 oktober 1998M. Piagam tersebut sekaligus sebagai bukti bahwa masjid Al-Mujahidin kampung Babakan Cibarusah sudah terdaftar di Departemen Agama dengan nomor 34/MJ/1988.

Masjid Al Mujahidin kampung Babakan Cibarusah juga telah menjadi saksi sejarah dan memegang peranan penting dalam Sejarah kemerdekaan Indonesia. Masjid ini dulunya pernah sebagai basis perjuangan Laskar Hisbullah untuk merebut Kemerdekaan dari tangan Penjajah. Laskar Hisbulah ini maksudnya adalah Pasukan pemuda, Pemudah islam atau Laskar santri yang berjuang membela Tanah airnya merebut Kemerdekaannya. Laskar Hisbullah didirikan oleh organisasi Islam Masyumi pada tahun 1944 ketika Jepang mulai terdesak oleh Pasukan Sekutu. Sedangkan Masyumi sendiri terbentuk oleh berbagai Organisasi Islam yang salah satu di dalamnya adalah Nahdlatul Ulama di bawah pimpinan K.H. Wachid Hasyim.

Lokasi masjid ini berada di sebelah kiri jika dari simpang tiga Cibarusah. Untuk menemukan lokasi masjid Al Mujahidin ini jika anda dari Jakarta atau Bandung bisa menggunakan Fasilitas jalan Tol Jakarta Cikampek Keluar pintu Cikarang Barat kemudian Ke arah Lippo Cikarang. Lurus Terus sampai ke Kecamatan Serang Baru masih lanjut dan lurus. Dalam perjalanannya akan banyak menjumpai berbagai nama perumahan baru seperti, Telaga Pasir Raya, Mega Regency, Kota Serang Baru (KSB), Mutiara Bekasi Jaya, Bagasasi, Puri Mutiara Indah, Bumi Sindang Mulya, Taman Firdaus Regency, Taman Persada, Cibarusah Indah. Setelah perumahan Cibarusah Indah sekitar 50 meter sebelah kanan ada sebuah masjid sesuai dengan Gambar di bawah ini.
Masjid, masjid Al Mujahidin, masjid Cibarusah, masjid kampung babakan, masjid KBC, masjid tua, masjid belanda, Masjid bersejarah,Hizbullah, laskar Hizbullah, Laskar Cibarusah,Munawar Fuad Noeh
Saat ini sedang di rintis pembangunan Monumen Hizbullah yang berada di samping masjid  untuk mengenang jasa - jasa perjuangan Hizbullah dalam memerdekakan Indonesia. Penggagas pembangunan Monumen ini adalah Drs. Munawar Fuad Noeh, MA. seorang Pemuda Anshor asli Cibarusah yang pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Bekasi pada tahun 2007 dan saat dekat dengan SBY.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Judul Artikel : Masjid Al Mujahidin Kampung Babakan Cibarusah .Ditulis oleh : Jeng Yanti. Artikel ini dimuat pada www.cibarusah.com, jika ingin mengutip, maka harus memberikan sumber link balik pada artikel "Masjid Al Mujahidin Kampung Babakan Cibarusah" ini. Jika tidak maka akan diproses secara DMCA Take down yang tentu saja buruk akibatnya bagi blog Anda. Terima kasih atas perhatiannya
Judul: Masjid Al Mujahidin Kampung Babakan Cibarusah; Ditulis oleh Jeng Yanti; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts

Posted by: Jeng Yanti CIBARUSAH.COM Updated at: 2:40 AM

0 komentar:

Post a Comment