Saturday, December 29, 2012

Kiamat Dalam Pandangan Al Quran Dan Sunnah

tanda tanda qiyamat, tanda tanda kiamat, hadits kiamat, kiamat, qiyamat,tafsir kiamat, tafsir qiyamat
Bismillahirrahmanirrahim
Kiamat Dalam Pandangan Al Quran Dan Sunnah
Oleh : Wawan Aunillah Kamil
diambil dari Kitab Minhajul Muslim, Oleh Syeikh Abubakar Al-Jazairy, Darul Fikri, Damaskus

Tentang Penulis:
Wawan Aunillah Kamil adalah putra dari Bp.H.Yusuf Kami yang merupakan pemilik Yayasan Al Kamiliyah di lingkungan Pondok Pesanten Baqiyatussolihat Cibogo , Sindang Mulya , Cibarusah. Wawan Aunillah Kamil termasuk tokoh muda Ulama Cibarusah yang mengeluti bidang Tafsir.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Isi Tafsir tentang Hari Kiamat sebagai berikut:
Beriman kepada  hari kiamat merupakan unsur pokok dalam Islam . Tanpa beriman kepada hari Kiamat iman seseorang tidak akan di terima . Sebagaimana tidak terima apabila tidak beriman kepada Alloh, Malaikt-malaikat Alloh,Kitab-kitabnya ,  dan qada dan qadar dari Nya.

Alloh SWT Berfirman :
".. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya ,rasul-rasulnya,dan hari kiamat(Kemudian), maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (An-Nisa':136).

Mengenahi kepastian adanya hari qiamat itu sendiri Allah menegaskan dalam firmannya , diantaranya :

"Orang -orang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-kali tidak akan di bangkitkan . Katakanlah : tidak demikian, demi Tuhanku,benar-benar kamu akan dibangkitkan,kemudian akan di beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah."(At-Taghabun 64:7).

Lalu "..Serta memberi peringatan (pula ) tentang hari berkumpul (qiamat) tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka."(As-Syura/ 42:7).

Kemudian " Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka , kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."(An-Naml /27:82).

" maka apabila sangsakala di tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung lalu dibenturkan keduanya sekali bentur ,maka pada hari itu langit menjadi lemah . Dan malaikat -malaikat berada di penjuru langit. Dan pada hari itu kamu di hadapkan  kepada Tuhanmu yang tersembunyi (bagi Allah). Adapun orang-orang yang di berikan kepadanya kitabnya dari sebelah kanan, maka dia berkata: ambilla,bacalah kitabmu (ini). Sesungguhnya aku yakin bahwa sesungguhnya aku akan menemui hisab (perhitungan) terhadap diriku. maka orang itu berada dalam kehidupan yang di ridhai dalam surga yang tinggi. Buah-buahnya dekat,(Kepada mereka di katakan ): makan dan minumlah dengan sedap di sedapkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu. Adapun orang yang di berikan kitabnya dari sebelah kirinya , maka dia berkata : wahai , alangkah baiknya , sekiranya ,tidak di berikan kepadaku kitabku (ini),dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku. Wahai, kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. hartaku, sekali- kali tidak memberi manfaat kepadaku. telah hilang kekuasaan dariku. (Allah berfirman): peganglah dia lalu belenggulah tangannya lehernya. Kemudian masukkannlah dia kedalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta. Sesungguhnya dia dahulu tidak beriman kepada Allah Yang Maha Besar. Dan juga dia tidak mendorong orang lain orang lain untuk memberi makan orang miskin."(Al Haggah : 13-34).

Tanda tanda Qiyamat.

Rosullulah SAW , Bersabda:
"Sesungguhnya qiyamat itu tidak akan terjadi sebelum adanya sepuluh tanda-tanda qiyamat. yaitu tenggelam di timur, tenggelam di barat,tenggelam di Jazirah Arab, Adanya Asap,datangnya dajjal,dabbah(binatang melata yang besar),Ya'juj dan Ma'juj, terbit di sebelah barat, keluar api dari ujung aden yang menggiring manusia , dan turunnya nabi Isa. (Hadits Riwayat muslim).

"Wahai manusia, bahwasannya kamu nanti akan di himpun Allah dalam keadaan telanjang kaki, telanjang bulat,dan keadaan kulup (tidak di khitan).Ingatlah bahwa orang yang akan mula mula di beri pakaian adalah nabi Ibrahim AS. Ingatlah bahwa nanti ada di antara umatku yang di dudukkan di sebelah kiri. Ketika itu aku berkata: Ya Tuhan(Mereka itu adalah) Sahabatku. Lalu tuhan berkata : Engkau tidak tahu apa yang mereka perbuat setelah kamu (wafat)." (HR. Muslim).

"pada hari qiyamat setiap hamba tidak akan melangkah sebelum di tanya empat hal, yaitu tentang umur untuk apa di habiskan, ilmu untuk apa di amakan, harta dari mana dia peroleh, dan untuk apa dia belanjakan, dan (kesehatan) badannya untuk apa dia pergunakan." (HR Tirmidzi, hadits hasan shahih, dan teks ini menurut riwayat muslim).

"Dari Aisyah, bahwa ia teringat neraka lalu menangis, maka Rosulullah bertanya: apa yang menyebabkan engkau menangis?  Aisyah menjawab: Aku teringat neraka, hingga aku menangis. Apakah pada hari kiamat kamu akan ingat keluargamu? Jawab Nabi SAW : Adapun di tiga tempat, orang tidak  teringat pada yang lainnya. yaitu ketika di timbang amalnya sebelum ia mengetahui berat ringan amal kebaikannya. Ketika buku amalnya beterbangan sebelum ia mengetahui dimana hinggapnya buku itu. di Sebelah Kanan, Kiri, atau di belakangnya. Dan Ketika meniti titian / jembatan (shirath) yang terbentang di punggung neraka jahanam sebelum ia melaluinya."
(HR.Abu Daud, Hadits Hasan).

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA Judul Artikel : Kiamat Dalam Pandangan Al Quran Dan Sunnah .Ditulis oleh : cibarusah. Artikel ini dimuat pada www.cibarusah.com, jika ingin mengutip, maka harus memberikan sumber link balik pada artikel "Kiamat Dalam Pandangan Al Quran Dan Sunnah" ini. Jika tidak maka akan diproses secara DMCA Take down yang tentu saja buruk akibatnya bagi blog Anda. Terima kasih atas perhatiannya
Judul: Kiamat Dalam Pandangan Al Quran Dan Sunnah; Ditulis oleh cibarusah; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts

Posted by: Jeng Yanti CIBARUSAH.COM Updated at: 12:50 AM

0 komentar:

Post a Comment

http://www.inginjual.com/p/blog-page_14.html